Ada berbagai macam jenis kertas cetak yang banyak digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Salah satunya yaitu jenis kertas continuous form. Kertas ini sangat mudah Anda jumpai dalam berbagai jenis transaksi maupun pembayaran cetak. Lalu apa saja informasi terkait tentang definisi, kegunaan, cara kerja dan berapa ukuran kertas continuous form? Simak penjelasannya pada artikel berikut.

Apa itu kertas continuous form

Definisi Continuous Paper

Kertas continuous form merupakan jenis kertas dengan karakteristik bersambung atau saling menyambung satu lembar dengan lainnya. Umumnya, kertas ini juga memiliki tampilan berupa banyak lubang-lubang di bagian tepi nya yang dapat memungkinkan kertas ini disimpan sebagai binder atau di dalam map khusus.

Bahan pembuatan kertas continuous form biasanya terbuat dari bahan kertas NCR (Non-Carbon Required) yang terdiri atas tiga bagian, yaitu top, middle, dan bottom. Kertas ini banyak digunakan pada berbagai proses percetakan karena mudah untuk dicetak dalam beberapa lembar sekaligus tanpa memerlukan penggunaan kertas karbon. Kenali lebih lanjut mengenai kertas ini dalam artikel Continuous Form: Mengenal Jenis dan Fungsi Lubangnya berikut.

Cara kerja kertas

Printer continuous form Epson

Cara penggunaan kertas continuous form hampir sama dengan kertas lain pada umumnya. Kertas ini juga digunakan dengan menggunakan printer khusus. Cara penggunaannya pun terbilang cukup mudah. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Masukkan kertas dan posisikan pada head printer.
  2. Tekan dan tahan “FONT” sambil menyalakan printer (tunggu sampai mencetak).
  3. Tekan LF/FF untuk merubah konfigurasi pada printer.
  4. Pilih “Page length for tractor” kemudian tekan FONT.
  5. Pilih “5.5 inch” kemudian tekan FONT.

Ukuran kertas continuous form

Kertas NCR Multioffice

Ukuran kertas continuous form sendiri beragam dan bervariasi, mulai dari 50-55 gms, hingga seukuran HVS (mulai dari) 60 gsm hingga 80 gsm. Dikutip dari SIP Paper, ukuran kertas continuous form yang sering digunakan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. MultiOffice ukuran Continuous Form K – 1 Ply (FULL) 9 1/2 inch x 11 inch dengan harga Rp 210.000 per box.
  2. MultiOffice ukuran Continuous Form K – 1 Ply (PRS) 9 1/2 inch x 11 inch / 2 dengan harga Rp 218.000 per box.
  3. MultiOffice ukuran Continuous Form K – 2 Ply (FULL) 9 1/2 inch x 11 inch dengan harga Rp 310.000 per box.
  4. MultiOffice ukuran Continuous Form K – 2 Ply (PRS) 9 1/2 inch x 11 inch / 2 dengan harga Rp 317.000 per box.
  5. MultiOffice ukuran Continuous Form K – 2 Ply (WARTEL) 9 1/2 inch / 2 x 11 inch / 2 dengan harga Rp 341.000 per box
  6. MultiOffice ukuran Continuous Form K – 3 Ply (FULL) 9 1/2 inch x 11 inch dengan harga Rp 473.000 per box.
  7. MultiOffice ukuran Continuous Form K – 3 Ply (PRS) 9 1/2 inch x 11 inch / 2 dengan harga Rp 488.000 per box.
  8. MultiOffice ukuran Continuous Form K – 3 Ply (WARTEL) 9 1/2 inch / 2 x 11 inch / 2 dengan harga Rp 529.000 per box.
  9. MultiOffice ukuran Continuous Form K – 4 Ply (FULL) 9 1/2 inch x 11 inch dengan harga Rp 322.000 per box.
  10. MultiOffice ukuran Continuous Form K – 4 Ply (PRS) 9 1/2 inch x 11 inch / 2 dengan harga Rp 346.000 per box.
  11. MultiOffice ukuran Continuous Form K – 4 Ply (WARTEL) 9 1/2 inch / 2 x 11 inch / 2 dengan harga Rp 367.000 per box.
  12. MultiOffice ukuran Continuous Form K – 5 Ply (FULL) 9 1/2 inch x 11 inch dengan harga Rp 441.000 per box.
  13. MultiOffice ukuran Continuous Form K – 5 Ply (PRS) 9 1/2 inch x 11 inch / 2 dengan harga Rp 460.000 per box.

Mengapa harus merek Multioffice?

Ukuran Kertas Continuous Form

Kertas continuous form Multioffice merupakan salah satu jenis kertas hasil produksi CV. Sentosa Indopaper Prima yang memiliki kualitas unggulan dari segi bahan dan juga produk hasil jadi yang ditawarkan. Hal tersebut karena kertas thermal ini menggunakan bahan 100% virgin pulp base paper dari APP Sinar Mas. Karenanya, kertas ini memiliki kualitas kertas dan hasil print yang premium.

Kegunaannya dalam berbagai bidang

kegunaan kertas continuos form

Terdapat beberapa macam kegunaan kertas continuous form dalam berbagai aktivitas kegiatan sehari-hari. Beberapa kegunaan kertas ini diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pencetakan invoice dan kwitansi

Kertas ini sering digunakan untuk mencetak invoice dan kwitansi secara massal. Format gulung memungkinkan pencetakan dokumen dalam jumlah besar dengan cepat.

2. Laporan keuangan dan data

Dalam lingkungan bisnis, kertas ini digunakan untuk mencetak laporan keuangan, neraca, dan data-data lainnya yang memerlukan dokumentasi berkelanjutan.

3. Bukti penerimaan uang

Kertas ini juga dapat digunakan sebagai bukti penerimaan maupun pengeluaran uang yang bertujuan untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan.

4. Faktur pajak

Continuous form juga sesuai untuk digunakan dalam surat faktur pajak yang merupakan bukti pemungutan pajak oleh pengusaha kena pajak atau PKP. Faktur ini dibuat sebagai bukti pembayaran pajak dan juga bukti transaksi oleh lembaga maupun instansi keuangan.

5. Faktur penjualan

Faktur penjualan umumnya dibuat untuk dapat memberikan keterangan harga pada setiap total tagihan kepada para pembeli. Karenanya, faktur penjualan dapat menjadi salah satu bukti sah yang dapat diberikan kepada pembeli maupun penjual dengan transaksi yang sama.

6. Formulir pendaftaran

Kertas ini juga sangat umum digunakan dalam berbagai formulir pendaftaran di sekolah maupun ketika membuka rekening bank. Hal tersebut karena pada proses pendaftaran umumnya memerlukan kertas berlapis sebagai bukti arsip dan tanda terima.

7. Nota penjualan

Kegunaan kertas ini lainnya yaitu adalah sebagai pembuatan nota penjualan. Nota penjualan ini berfungsi untuk memperlihatkan keseluruhan jumlah produk yang perlu dibayarkan sekaligus merupakan tanda terima transaksi kedua belah pihak.

8. Slip gaji

Jenis kertas ini juga sangat sesuai untuk digunakan dalam pembuatan slip gaji yang umumnya dibuat dengan salinan berlembar-lembar. Dengan memanfaatkan kertas ini, satu lapisan dapat diberikan kepada karyawan sebagai bukti penerimaan gaji sedangkan lapisan lainnya dapat digunakan sebagai bukti transaksi perusahaan.

9. Surat jalan

Surat jalan umumnya terdiri dari beberapa lapis karena diberikan kepada pengirim barang dan lapisan lainnya diterima oleh perusahaan pengiriman barang sebagai bukti adanya transaksi. Dengan demikian, jenis kertas ini sangat sesuai untuk digunakan dan diaplikasikan pada bukti surat jalan.

10. Surat pesanan barang

Jenis kertas ini sangat sesuai untuk digunakan sebagai surat penerimaan barang pada proses penerimaan barang biasanya perlu menggunakan kertas dalam beberapa lapis atau lembar sebagai bukti maupun tanda penerimaan.

Demikian beberapa penjelasan mengenai definisi, kegunaan, cara kerja dan berapa ukuran kertas continuous form. Semoga artikel tersebut dapat membantu Anda dalam menentukan kertas thermal pilihan yang dapat digunakan untuk membantu berbagai aktivitas sehari-hari. 

Rekomendasi Distributor Kertas Continuous Form

Setelah memahami pentingnya memilih ukuran kertas Continuous Form yang tepat, inilah saatnya Anda mengambil langkah cerdas. Dapatkan kertas Continuous Form berkualitas dari SIP Paper sekarang juga, dan rasakan pencatatan Anda lebih efisien dan lebih mudah. Jangan tunda lagi, pesan sekarang dan lihat perbedaannya!

Pabrik & Gudang
Jl. Raya Mastrip Bogangin No. 23 Surabaya – 60223 Jawa Timur – Indonesia

Jam Kantor
Senin – Jumat 08.00 – 16.00
Sabtu 08.00 – 13.00
Minggu / Hari besar libur

Telepon: 031 767 2777
Whatsapp: 087 7555 99777
Email: [email protected]