Menyesuaikan ukuran kertas thermal dengan printer yang dipakai seperti printer bluetooth sangat penting agar hasil cetak bisa optimal. Dan biasanya struk kasir ini menggunakan kertas thermal dan printer khusus, tidak hanya bluetooth. Untuk lebih jelasnya apa itu kertas thermal dan jenis kertas printer thermal serta ukurannya bisa simak artikel di bawah ini.

Apa itu Kertas Thermal ?

Berdasarkan asal katanya kertas ini bekerja berdasarkan panas/thermal yang dikenakan pada bahan kertas. Thermal Paper adalah kertas yang dipenuhi dengan bahan kimiawi. Kertas ini biasa digunakan pada pencetak thermal.

Sehingga, kertas tersebut mampu berubah warna ketika dipanaskan. Jika ditelisik lagi, ternyata bagian permukaan kertas ini terdiri dari bahan pewarna padat seperti fluoran leuco dye dan octadec phosphonic. Tapi Anda perlu berhati-hati, sebab beberapa produk kertas ini juga mengandung konsentrat bisphenol A (BPA) yang cukup tinggi. Senyawa kimia ini dapat memicu terbentuknya kanker dalam tubuh.

Oleh sebab itu, sebelum membeli kertas thermal pastikan produknya sudah BPA-Free. Kertas khusus ini sekarang tidak hanya digunakan pada mesin fax, tapi juga pada peralatan yang lebih canggih. Misalnya saja untuk thermal printer dan kebutuhan lainnya. Karena penggunaannya yang cukup luas, kertas ini juga terdiri dari beberapa ukuran. Untuk mengetahui berapa saja ukurannya, simak berikut ini.

 

struk

 

Jenis – Jenis Kertas Printer Thermal

Jenis – Jenis Kertas Printer Thermal, biasa juga disebut sebagai berbagai macam ukuran kertas thermal. Perbedaan ukuran kertas thermal disesuaikan dengan spesifikasi printer yang digunakan. Sejauh ini ada 7 ukuran thermal paper yang paling banyak dipakai oleh kasir, yaitu:

1. Kertas Thermal 57×37 mm

Ukuran kertas thermal 57×37 artinya adalah memiliki lebar kertas sepanjang 57 mm dan diameter roll 37 mm. Sedangkan panjang kertasnya dalam 1 roll adalah 15 meter.

Kertas ini yang paling kecil dan bisa digunakan untuk berbagai mesin printer thermal bluetooth. Misalnya adalah iWARE iw 58 ii, Yongli LPT Port POS Thermal Printer 58mm, Panda PRJ-POS58B, dan lainnya.

2. Kertas Thermal 58×40 mm

Ukuran kedua adalah kertas thermal 58x40mm. Artinya adalah kertas ini memiliki lebar 58 mm dan diameternya adalah 40 mm. Ukuran ini juga kompatibel untuk banyak tipe printer.

Misalnya saja Panda Mobile Printer, EPPOS EP5802A, Z-Jiang 5802, Codesoft HPM-200, Z-Jiang 5805, dan masih banyak jenis lainnya.

3. Kertas Thermal 58×50 mm

Ukuran ketiga adalah kertas thermal 58×50 mm. Kertas ini memiliki lebar 58 mm dan diameter 50 mm. Artinya, panjang satu roll ukuran ini jauh lebih banyak dari kertas thermal ukuran 58×40 mm.

Tapi, untuk jenis printer yang bisa digunakannya hampir sama dengan kertas ukuran 58×40 mm. Di antaranya adalah Panda Mobile Printer, EPPOS EP5802A, Z-Jiang 5802, Codesoft HPM-200, Z-Jiang 5805, dan lainnya.

4. Kertas Thermal 80×80 mm

Kertas Thermal ukuran 80×80 mm memiliki lebar kertas 80 mm dengan diameternya adalah 80 mm. Ukuran kertas printer bluetooth ini cukup besar dan biasanya digunakan untuk struk pembayaran PPOB. Mesin printer ini contohnya printer Epson TM-T82, Epson TM-T81, Matrix Point tmp 3250, Panda POS 80 mm.

5. Kertas Thermal 80×140 mm

Kertas thermal ukuran 80×140 mm memiliki lebar 80 mm dengan diameter 140 mm. Jenis ini digunakan untuk printer berkapasitas besar secara intens digunakan. Kertas ini bisa digunakan untuk semua jenis printer thermal untuk kertas 80 mm. Contohnya bisa dilihat pada ukuran sebelumnya.

6. Kertas Thermal 80×160 mm

Kertas thermal satu ini memiliki lebar 80 mm dengan diameter 160 mm. Kapasitas printer yang digunakan cukup besar, sehingga tidak akan mudah habis dalam waktu singkat.

7. Kertas Thermal HVS 1 Apply 75×120 mm

Untuk kertas thermal HVS 1 ply 75x120mm memiliki lebar 75 mm dengan diameter gulungan sepanjang 120 mm. Jenis ini cukup berbeda dari kertas thermal sebelumnya. Jika kebanyakan kertas thermal memiliki permukaan dengan tekstur licin, maka jenis ini tidak. 

Permukaan kertasnya memiliki tekstur yang persis seperti kertas HVS. Sebelum Anda membeli kertas thermal, pastikan memilih ukuran yang sesuai dengan spek printernya. Sebab jika tidak, printer tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga : 5 Jenis Printer Thermal untuk Cetak Struk Kasir Terbaik

Berbagai Ukuran Kertas Thermal di Pasaran

Saat ini Anda pasti sering sekali mendapatkan kertas thermal dari kasir seperti struk belanjaan, tiket, struk atm, dan masih banyak lainnya. Jika diperhatikan, ukuran setiap struk atau tiket tersebut berbeda-beda. Pada gambar di bawah ini, terdapat berbagai macam ukuran kertas thermal merek papergo lengkap dengan rincian harganya.

Daftar Harga Register Roll Papergo 2023

 

Nah, untuk kertas thermal ramah lingkungan Anda bisa percayakan pada CV. Sentosa Indopaper Prima. Kami adalah produsen Papergo kertas thermal dengan bahan premium yang ramah lingkungan. Segera hubungi kami untuk pemesanan.