Printer merupakan salah satu barang wajib yang harus ada di berbagai dari instansi, lembaga, hingga perusahaan. Hal tersebut karena umumnya printer memiliki fungsi untuk dapat digunakan dalam berbagai jenis kegiatan percetakan berbagai dokumen-dokumen penting dari klien maupun arsip pribadi perusahaan. Tak hanya itu, saat ini printer juga kerap dimanfaatkan untuk memperbanyak, men-scan, dan mentransfer berbagai jenis dokumen kertas kepada pihak lain. Salah satu jenis printer yang umum digunakan adalah printer thermal dan printer dot matrix. Lalu apa saja kelebihan printer thermal dan fungsinya? Untuk mengetahui hal tersebut, Anda dapat menyimak penjelasan dan informasi lengkapnya pada artikel berikut.

Pengertian dan Cara Kerja Printer Thermal

kumpulan printer thermal

Pengertian Printer Thermal adalah salah satu jenis printer yang kerap digunakan untuk mencetak berbagai macam struk belanja di pusat perbelanjaan. Sesuai dengan fakta printer thermal yang dilansir dari website kawn.co.id cara kerja printer thermal yaitu dengan memanfaatkan energi panas untuk menghasilkan tulisan hitam di atas selembar kertas. Printer thermal tidak membutuhkan tinta atau toner, sehingga memiliki kegunaan yang cukup praktis dan hemat biaya perawatan.

Sementara itu, proses pencetakannya dapat dilakukan dengan menggunakan gulungan kertas. Karenanya, printer ini memiliki ciri khas yaitu bentuk ukuran printer yang sangat kecil sehingga tidak memakan banyak tempat ketika digunakan untuk mencetak struk berbagai jenis struk belanjaan.

Jenis Printer Thermal

Priter Thermal Hitam

Perlu diketahui bahwa printer thermal dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, setiap jenisnya mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini:

1. Printer Kasir

Jenis printer yang pertama ialah printer kasir, seperti namanya ia digunakan untuk mencetak transaksi jual beli. Seperti yang ada pada minimarket, restoran, apotek, cafe, pom bensin, dan beragam tempat berbelanja lainnya. Printer ini dapat menampilkan beragam jenis informasi jual beli, mulai dari waktu, jenis barang, jumlah pembelian, jumlah kembalian, dan berbagi informasi lainnya. Kelebihan printer ini ialah dapat mencetak dengan sangat cepat, bahkan semua informasi dapat tercantum dengan sempurna.

2. Barcode Thermal Printer

Selanjutnya terdapat printer thermal barcode, printer jenis ini dikhususkan untuk mencetak barcode yang berbeda-beda. Biasanya printer barcode diterapkan pada pintu masuk sebuah tempat, misalnya saja pintu tol, wahana bermain, bioskop, dan lain sebagainya. Selain mencantumkan nomor serta informasi dalam bentuk barcode, printer ini juga mampu mengidentifikasi setiap barcode tersebut. Sehingga dapat digunakan juga untuk mengubah barcode menjadi informasi yang dapat dibaca manusia.

3. Printer Thermal Terminal Pos

Printer thermal terminal pos merupakan jenis printer terbaru yang berbasis digital, dimana ia dapat memasukkan data lalu mencetaknya secara langsung. Apalagi ia sudah dibuat dengan banyak varian, seperti versi terminal pos, portable pos, Android pos, mini pos, dan masih banyak lainnya. Terminal pos sendiri dinilai lebih mudah digunakan dan hemat biaya, sehingga mulai diterapkan di berbagai tempat. Fungsinya sendiri juga lebih beragam, mulai dari print barcode, print list barang, nomor antrian, hingga print data keuangan.

4. Bluetooth Thermal Printer

Berbeda dengan sistem printer thermal lainnya, Bluetooth thermal printer menggunakan sistem bluetooth untuk mengirimkan informasi dari komputer. Sehingga dapat dibawa kemana-mana sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Walaupun tidak secanggih printer terminal pos, namun bluetooth thermal unggul di beberapa sektor. Seperti print otomatis, pengoperasian lebih luas, dapat mencetak dalam jumlah banyak sekaligus, dan berbagai kelebihan lainnya.

Fungsi Printer Thermal

Printer Thermal

Printer thermal umumnya banyak digunakan untuk mencetak berbagai jenis struk belanjaan pembeli. Selain itu, beberapa fungsi printer thermal lainnya adalah:

  • Mencetak karcis tol, tiket pesawat, label barcode, karcis parkir, resep dokter, nomor antrian, dan lain sebagainya.
  • Sebagai tanda bukti, baik berupa nota pembayaran, nomor antrean, jumlah uang, dan lain sebagainya.
  • Mencetak waktu dan tempat, biasanya hal ini dibutuhkan untuk memperkuat keaslian dari hasil cetakan printer.

Karenanya penggunaan jenis printer ini dapat dengan mudah Anda temukan di minimarket, bank, restoran, loket gerbang jalan tol, loket parkir, pom bensin, dan lain sebagainya.

Kelebihan Printer Thermal

Kelebihan Printer thermal memiliki beberapa kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh printer lain pada umumnya, yaitu di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Proses pencetakannya tidak membutuhkan tinta atau cartridge.
  • Penggunaan dan pengoperasian mudah digunakan karena jumlah tombolnya sedikit.
  • Proses cetak tidak menimbulkan suara berisik,
  • Printer thermal memiliki harga yang relatif murah dan tersedia dalam berbagai ukuran serta model.
  • Proses pencetakan dokumen relatif cepat.
  • Printer thermal mampu bertahan lebih lama dibanding dengan jenis printer lainnya.

Pengertian dan Cara Kerja Printer Dot-Matrix

dot matrix

Pengertian Printer Dot Matrix adalah salah satu jenis printer yang bekerja dengan menggunakan mesin pengetuk untuk mencetak kertas dot matrix. Cara kerja printer dot matrix ini mirip dengan mekanisme kerja mesin ketik yang memanfaatkan pita serta jarum besi sebagai penghasil tulisan. Printer ini juga memiliki pita serta print head atau kepala cetak. Karena hal tersebut, di bagian print head tersebut terdapat jarum besi yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan cetakan tulisan.

Fungsi dari Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix memiliki fungsi untuk dapat berbagai macam dokumen penting yang harus dicetak secara rangkap. Penggunaan printer jenis ini kerap digunakan di berbagai perusahaan besar karena dianggap mampu membantu memudahkan pekerjaan yang memerlukan lampiran dokumen secara rangkap. Selain itu, hasil cetakannya pun sangat efektif dan efisien sehingga mampu memaksimalkan penyelesaian berbagai pekerjaan kantor agar dapat diselesaikan dengan tepat waktu.

Baca juga : Fakta lengkap mengenai printer thermal dan dot matrix juga cara merawatnya

Keunggulan Printer Dot-Matrix

printer dot matrix

Printer Dot-Matrix umumnya memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan yaitu di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan ribbon atau pita khusus dalam proses mencetak dokumen.
  • Biaya pita printer umumnya lebih murah jika dibandingkan dengan penggunaan tinta printer
  • Biaya perbaikan dan pemeliharaan relatif murah karena jenis printer ini sangat jarang mengalami error atau kerusakan. Meskipun demikian, jenis printer ini tetap harus dijaga kebersihannya.
  • Mampu mencetak rangkap sekaligus sehingga dapat membantu mempercepat pencetakan dokumen.
  • Mampu mencetak dokumen dengan format kertas berukuran besar.

Demikian beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan fungsi printer thermal dan Dot-Matrix. Semoga artikel tersebut dapat membantu. Khususnya sebagai tambahan informasi sekaligus rekomendasi bagi Anda untuk mengetahui berbagai jenis printer yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

Dapatkan kertas thermal untuk bisnis Anda di CV. Sentosa Indopaper Prima, kami adalah produsen kertas thermal dengan bahan premium. Meski bahan premium, kertas thermal kami ramah lingkungan sehingga aman digunakan. Tersedia berbagai jenis dan ukuran kertas thermal. Yuk, pesan sekarang!