Kertas printer dot matrix dan kertas printer thermal merupakan dua jenis kertas yang digunakan dalam proses pencetakan dokumen dan data. Pemakaian kertas-kertas yang sesuai sangat penting untuk mencapai hasil cetak yang optimal. Printer dot matrix menggunakan kertas khusus yang cocok dengan metode pencetakan menggunakan jarum tumbuk dan sementara printer thermal menggunakan kertas khusus yang berespon terhadap panas. Perbedaan keduanya ini memungkinkan untuk mencetak dengan cara yang berbeda namun efektif sesuai dengan kebutuhan cetakan Anda.

Penjelasan mengenai karakteristik dan manfaat masing-masing kertas yang digunakan pada kedua printer tersebut dapat Anda simak pada artikel berikut.

Kertas Printer Thermal

thermal paper

 

Kertas thermal umumnya memiliki bentuk tampilan yang digulung. Penggunaannya pun cukup mudah dan praktis. Beberapa hal lain yang dapat Anda ketahui mengenai kertas thermal yang hanya dapat digunakan pada proses pencetakan dengan printer thermal adalah sebagai berikut.

1. Tekstur dan Komponen Kertas Printer Thermal

Kertas thermal umumnya memiliki tekstur permukaan yang licin dan ketebalan kertas yang tipis. Selain itu, karakteristik lain yang dapat ditemukan pada kertas ini adalah permukaannya yang mengkilap dan tidak perlu memerlukan penggunaan tinta pada proses pencetakan dokumen maupun data.

Kertas thermal juga terdiri dari beberapa komponen bahan bahan kimia yang akan menimbulkan reaksi berupa perubahan warna ketika dipanaskan. Karenanya, kertas ini hanya bisa digunakan bersama printer khusus atau biasa disebut printer thermal.

2. Penggunaan Kertas Printer Thermal

Umumnya, tipe kertas ini dapat Anda gunakan bersama dengan printer thermal sebagai alat untuk mencetak resi, struk, atau bukti transaksi lainnya. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan gulungan kertas thermal pada mesin printer kemudian mengatur posisinya dengan tepat. Setelah itu, Anda dapat mencetak berbagai dokumen dengan menggunakan kertas dan printer thermal.

3. Contoh penggunaan kertas printer thermal untuk usaha

Kertas dan printer thermal banyak direkomendasikan bagi para usahawan yang membutuhkan proses cetak cepat, mulai dari pencetakan resep makanan, daftar harga barang, label barcode, bisnis retail, sampai struk pembayaran di pom bensin. Hal tersebut dengan pertimbangan bahwa kertas dan printer jenis ini tidak perlu menggunakan tinta injeksi. Sehingga, proses percetakan dan penggantian kertas dapat dilaksanakan secara maksimal.

Baca juga : Sebelum menggunakan printer thermal ketahui dulu Tips Memilih Kertas Thermal Terbaik

Kertas Printer Dot-Matrix

kertas printer dot matrix

 

Kertas dot-matrix umumnya memiliki tampilan fisik yang hampir sama dengan kertas continous paper dengan banyak lubang di sisi kiri dan kanan serta mampu mencetak berlembar-lembar dokumen dalam sekali proses. Penggunaannya pun mirip seperti fungsi pada kertas karbon.

Hal lain yang perlu Anda ketahui dari penggunaan kertas printer dot-matrix ini diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Tekstur dan Komponen Kertas Printer Dot Matrix
Tidak ada yang berbeda dari tekstur kertas printer dot-matrix dibanding kertas print pada umumnya. Berbeda dengan kertas thermal yang memiliki permukaan mengkilap dan tekstur licin serta ketebalan yang tipis, kertas dot matrix ini memiliki tekstur permukaan yang lebih kesat dan ketebalan yang cukup terlihat karena terdiri dari beberapa lapis kertas serta memiliki fungsi yang hampir sama seperti pada kertas karbon.

2. Kegunaan Kertas Printer Dot-Matrix

Printer dot-matrix memiliki manfaat untuk dapat Anda gunakan dalam berbagai proses percetakan instansi, lembaga, hingga perusahaan tertentu. Hal tersebut karena jenis kertas ini memiliki kelebihan untuk mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak secara bersamaan, sehingga, mampu menghemat waktu dan tenaga pencetakan dokumen.

3. Contoh penggunaan kertas printer dot-matrix untuk usaha

Kertas printer dot matrix biasanya banyak digunakan untuk berbagai jenis kegiatan seperti mencetak faktur pajak, faktur penjualan, nota penjualan, dan kertas kasir. Hal tersebut karena pertimbangan bahwa kertas ini dapat digunakan untuk dapat mencetak berlembar-lembar dokumen pada waktu yang sama dengan cara kerja mirip seperti kertas karbon.

Demikian beberapa penjelasan mengenai berbagai fakta lengkap mengenai printer thermal dan printer dot-matrix. Semoga artikel tersebut dapat membantu. Khususnya sebagai tambahan informasi terkait berbagai hal mengenai fakta printer thermal dan printer dot-matrix bagi Anda.

Dapatkan kertas thermal untuk bisnis Anda di CV. Sentosa Indopaper Prima, kami adalah supplier kertas dot matrix dan produsen kertas printer dot matrix dengan bahan premium. Meski bahan premium, kertas thermal kami ramah lingkungan sehingga aman digunakan. Tersedia berbagai jenis dan ukuran kertas thermal. Yuk, pesan sekarang!