Siapa saja yang telah menyelesaikan suatu transaksi di mesin ATM atau selesai berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan akan mendapatkan kertas struk kecil sebagai bukti transaksi. Kertas tersebut berisikan rincian transaksi anda dan segala informasi penting lainnya. Biasanya terdapat pada alat yang umumnya digunakan pada keseharian seperti pada printer thermal, ATM, serta mesin debit dan kredit.

Sudahkah anda tahu nama dari kertas kecil tersebut? Ya kertas kecil itu disebut sebagai kertas thermal printer. Apabila anda ingin membelinya cari saja di toko yang menyediakan alat-alat percetakan. Untuk informasi lebih lanjut tentang kertas thermal, simak penjelasan berikut.

Ukuran

contoh ukuran kertas thermal

Kertas thermal berbentuk gulungan seperti roll, dengan beberapa pilihan ukuran karena tidak memiliki ukuran yang standar. Tersedia dalam berbagai ukuran dari mesin printer yang kecil hingga besar sekalipun.

Seperti yang terdapat pada restoran menggunakan ukuran 80×80, tempat belanja ukuran 57×47,  printer portable ukuran 80×47, ATM ukuran 80×140  dan mesin boarding pass ukuran 80×200. Oleh karena itu, perhatianlah jenis printer yang anda miliki dan beli kertas thermal yang sesuai agar tidak salah ukuran.

Jumlah pembelian

Kebutuhan setiap orang terhadap kertas thermal berbeda-beda. Ada yang membutuhkan banyak kertas dalam transaksinya ada juga yang tidak terlalu penting-penting amat. Itulah kenapa jumlah pembelian terhadap kertas tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Misalnya dalam sehari anda menghabiskan 2 gulung kertas, maka alangkah lebih baik jika membelinya langsung dalam jumlah yang banyak sehingga cukup untuk seminggu. Selain harganya lebih murah, lebih efisien waktu dan keuangan.

Ada cara yang tepat untuk menyimpan kertas thermal agar dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama lho. Simpan kertas pada ruang penyimpanan yang gelap dan memiliki suhu kurang dari 25°C serta dibungkus dengan baik. Penyimpanan yang baik bisa tahan sampai 3 tahun lamanya tanpa merusak kualitas kertas.

Kualitas kertas

kertas thermal roll

Kertas thermal memiliki kualitas yang bagus. Mungkin anda pernah tidak sengaja menggores kertas thermal dan terdapat coretan seperti pensil. Jangan heran, karena itu adalah kandungan tinta yang terdapat pada kertas bertujuan untuk mempercepat proses pengeprintan struk transaksi.

Tetapi kertas thermal yang sudah di print tidak dapat disimpan terlalu lama, karena lama-kelamaan tulisan akan memudar dan tidak jelas lagi sehingga sulit dibaca. Tulisan tersebut akan pudar apabila telah disimpan selama sekitar setengah bulan. Faktor suhu ruangan juga mempengaruhi lamanya kertas saat disimpan.

Harga kertas thermal

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa terdapat banyak varian ukuran dan merk dari kertas thermal yang dijual di pasaran. Maka pastikan anda membeli kertas dengan merk yang bagus dan kualitas yang bagus pula. Berikut daftar harga kertas thermal berdasarkan merknya:

  • Kertas thermal merk Otani ukuran 57×40: Rp 4.500/roll
  • Kertas thermal merk Woya ukuran 57×30: Rp 2.700/roll
  • Kertas thermal merk Blueprint ukuran 57×38: Rp 5.000/roll
  • Kertas thermal merk panda ukuran 58×40: Rp 3.800/roll
  • Kertas thermal EDC logo Bank Mandiri ukuran 57×40: Rp 3.000/roll
  • Kertas thermal merk Themper ukuran 57×50: Rp 6.000
  • Kertas thermal merk Papergo ukuran 57×30: Rp 3.800/roll

Harga di atas merupakan gambaran harga jual kertas thermal saja. Setiap toko pasti menjual dengan harga yang berbeda-beda tergantung domisili. Maka sebelum membeli biasakan untuk melakukan survei harga terlebih dahulu, supaya dapat mengetahui harga pasaran yang paling terjangkau.

Dapatkan kertas thermal untuk bisnis Anda di CV. Sentosa Indopaper Prima, kami adalah supplier kertas thermal dan produsen kertas thermal dengan bahan premium. Meski bahan premium, kertas thermal kami ramah lingkungan sehingga aman digunakan. Tersedia berbagai jenis dan ukuran kertas thermal. Yuk, pesan sekarang!