Anda tentu tidak lagi asing dengan berbagai aktivitas jual beli atau pembayaran di berbagai sektor perbelanjaan maupun transfer uang non tunai. Biasanya sebagai tanda bukti transaksi, Anda akan menerima struk kertas atau billing. Kertas tersebut akan berisi mengenai berbagai jenis transaksi yang telah Anda lakukan dan berbagai informasi penting lainnya.

Jenis kertas tersebut dikenal dengan istilah kertas thermal. Lalu apa itu kertas thermal, cara kerja, dan mengapa harus memilih kertas thermal dari Papergo? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut.

Apa Itu Kertas Thermal?

Kertas Thermal di Printer

Kertas thermal merupakan salah satu jenis kertas yang banyak ditemui dalam berbagai jenis kegiatan atau aktivitas sehari-hari, khususnya terkait dengan billing. Kertas thermal disebut juga sebagai kertas gulungan audit. 

Berdasarkan penelitian, kertas thermal memiliki kandungan senyawa kimia bernama Bisphenol A atau BPA dan BPS. Lapisan pada permukaan kertas thermal dilapisi dengan campuran zat warna serta matriks. Sehingga, hanya akan bereaksi dengan asam dan berubah warna ketika dipanaskan di atas titik leburnya. Karenanya, penggunaannya kertas thermal memerlukan alat printer thermal khusus.

Fakta menarik tentang kertas thermal menurut website e-print.co.id, Kertas Thermal awalnya hanya digunakan untuk mesin faximili yang bertugas mencetak kiriman fax dari luar atau tempat lain. Dalam mencetak dokumen melalui mesin faks, digunakan kertas khusus yaitu thermal paper yang peka panas (heat-sensitive thermal).

Kegunaan Kertas Thermal

Umumnya, kertas thermal biasa digunakan bersama dengan printer thermal sebagai alat untuk mencetak resi, struk, atau bukti transaksi lainnya. Kertas thermal ini umumnya banyak digunakan oleh berbagai jenis usaha yang membutuhkan proses cetak cepat, mulai dari pencetakan daftar harga barang, bisnis retail, resep makanan, label barcode, hingga struk pembayaran di pom bensin maupun tol.

Cara Kerja Kertas Thermal

Kertas Thermal Roll 2

Kertas thermal merupakan salah satu jenis kertas yang berlapis senyawa kimia. Sehingga, ketika dipadukan dengan teknologi yang mampu mengaktifkan tinta dalam printer thermal, dapat menghasilkan tulisan di atas kertas tersebut. 

Cara pemasangan kertas thermal pada printer juga cukup mudah dan sederhana. Adapun langkah-langkahnya dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Buka kap pada printer dengan menariknya ke aras.
  2. Selanjutnya, tekan tuas untuk membuka kunci penutup dan buka tutup printer.
  3. Setelah kap terbuka, Anda dapat memasukkan rol baru kertas thermal dan memastikan bahwa arah kertas telah sesuai.
  4. Kemudian, tarik keluar ujung kertas untuk memastikan bahwa kertas thermal sudah terpasang dengan benar.
  5. Terakhir, tekan kedua sisi penutupnya untuk menutup printer.
  6. Printer kertas thermal sudah dapat digunakan.

Ukuran Kertas Thermal

Kertas Thermal Roll 1

Kertas thermal umumnya memiliki beberapa ukuran yang berbeda. Perbedaan ukuran tersebut menyesuaikan fungsi dan kegunaan dari kertas thermal dalam berbagai aktivitas maupun kegiatan sehari-hari. Mengutip dari SIP Paper, berikut beberapa jenis ukuran kertas thermal yang perlu Anda ketahui.

  1. Papergo Kertas Thermal Roll – 57 mm x 30 mm (100 roll) dengan harga Rp 380.000 per box.
  2. Papergo Kertas Thermal Roll – 57 mm x 40 mm (100 Roll) dengan harga Rp 410.000 per box.
  3. Papergo Kertas Thermal Roll – 57 mm x 48 mm (100 Roll) dengan harga Rp 550.000 per box.
  4. Papergo Kertas Thermal Roll – 80 mm x 48 mm (100 Roll) dengan harga Rp 800.000 per box.
  5. Papergo Kertas Thermal Roll – 80mm x 80 mm (50 Roll) dengan harga Rp 920.000 per box.

Mengapa Harus Merk Papergo?

kertas papergo

Kertas thermal Papergo merupakan salah satu jenis kertas hasil produksi CV. Sentosa Indopaper Prima yang memiliki kualitas unggulan dari segi bahan dan juga produk hasil jadi yang ditawarkan. Hal tersebut karena kertas thermal ini menggunakan bahan premium 100% virgin pulp dan kertas eco-friendly yang ramah lingkungan. Sehingga, limbah kertas yang digunakan dapat terurai dengan mudah. Selain itu, spesifikasi lain dari kertas Papergo sebagai kertas thermal unggulan adalah memiliki tekstur licin bersih yang kuat sehingga kertas ini tidak mudah rusak ketika digunakan.

Demikian beberapa penjelasan mengenai kertas thermal. Semoga artikel tersebut dapat membantu Anda dalam menentukan kertas thermal pilihan yang dapat digunakan untuk membantu berbagai aktivitas sehari-hari, khususnya terkait billing

SIP Paper merupakan salah satu online store yang menyediakan kertas thermal kualitas unggulan dengan harga terjangkau. Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga, spesifikasi, dan ukuran kertas thermal, Anda dapat mengunjungi website SIP Paper.