Jika Anda termasuk orang yang sering belanja di minimarket, pastinya Anda familiar dengan kertas thermal ini. Kertas jenis ini digunakan untuk mencetak struk belanja. Ukurannya kecil dan tipis serta memiliki tekstur yang agak licin. Inilah salah satu fungsi penggunaan thermal paper di meja kasir.

Thermal paper pada awalnya digunakan untuk mencetak kiriman fax dari luar atau tempat lain. Mencetak dokumen melalui mesin fax membutuhkan kertas khusus yang peka terhadap panas. Karena itulah, kertas thermal memang dirancang khusus agar dapat dicetak demikian.

Hal tersebut dikarenakan thermal paper dipenuhi bahan kimia. Ketika dipanaskan, kandungan kimia pada kertas thermal ini akan berubah warna. Permukaan kertas ini dilapisi campuran bahan pewarna padat dan kandungan kimia lain seperti fluoran leuco dye dan octadecylphosphonic acid.

Untuk mencetak menggunakan kertas jenis ini, dibutuhkan juga printer khusus yakni printer thermal roll. Printer ini memanfaatkan panas untuk mencetak, jadi bukan dengan tinta seperti yang biasa digunakan kebanyakan printer. Adapun fungsi dari thermal paper ini dapat disimak sebagai berikut ini.

  • Untuk mencetak struk SPBU
  • Mesin kasir dan ATM
  • Kios informasi
  • Cetak tiket
  • Struk e-Tol
  • dan lain sebagainya

Lalu, apa saja merek thermal paper terbaik saat ini? Berikut ini 5 rekomendasi thermal paper terbaik yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Rekomendasi Thermal Paper Terbaik

Rekomendasi Thermal Paper

Sumber : https://www.pngdownload.id/

Papergo

banner thermal roll paper 57 mm x 30 mm

Thermal paper merk Papergo memiliki keunggulan dari segi bahan dan produk hasil yang ditawarkan. Kertas thermal Papergo menggunakan bahan premium 100% virgin pulp dan kertas eco friendly sehingga mudah terurai di tanah.

Kertas thermal Papergo memiliki beberapa ukuran. Mulai dari 57 x 30 mm, 57 x 40 mm, dan 57 x 50 mm. Adapun harga termurahnya berada di kisaran Rp. 380 ribu untuk ukuran 57 x 30 mm per 100 roll. Sedangkan ukuran 80 x 80 mm dihargai Rp. 925 ribu per 50 roll

Berikut beberapa keunggulan lain thermal paper merk Papergo:

  • Garansi mutu dan kualitas produk dengan proteksi jaminan retur barang sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Kualitas premium menggunakan bahan baku yang terbuat dari serat kayu alami sehingga aman di kulit. Selain itu, kertas thermal ini pun ramah lingkungan.
  • Hasil cetakan jelas karena menggunakan bahan kertas dan tinta berkualitas.
  • Ukuran kertas roll dipastikan terjamin dan 100% sesuai.
  • Custom size atau dapat dipesan dengan ukuran tertentu dan preprinted.

Otani

Selanjutnya ada thermal paper merk Otani. Tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 56 x 40 mm hingga 110 x 50 mm. Sementara harga yang ditawarkan pasaran untuk kertas thermal Otani berada di kisaran Rp. 32.000 ukuran 58 x 40 mm per satu pack.

Adapun keunggulan dari thermal paper Otani yakni:

  • Dapat digunakan pada mobile printer, bluetooth printer, cash register dan mesin EDC ATM.
  • Di pasaran, produk ini dapat dibeli baik secara grosir maupun satuan.
  • Tersedia berbagai jenis ukuran.

Blueprint

Blueprint

Sumber : https://www.pngegg.com/

Kertas thermal Blueprint memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya dapat menghasilkan cetakan hitam dan jelas, serta tahan lama. Selain itu, kertas thermal Blueprint juga tebal sehingga dapat menaikan persepsi nilai produk yang Anda jual.

Tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 57 x 30 mm, 57 x 38 mm, 57 x 47 mm, 80 x 47 mm, 80 x 100 mm, 80 x 200mm. Harga termurah mulai dari Rp. 4.600 per satu roll hingga termahal Rp. 138.250 ribu per satu rol ukuran 80 x 200mm.

Barcodia

Selanjutnya ada thermal paper Barcodia yang menawarkan sejumlah keunggulan tersendiri. Mulai dari kuat dan tidak mudah putus, lapisan thermal tidak mudah hilang, cetakan cukup jelas dan hitam. Selain itu, kertas thermal Barcodia juga cocok untuk semua printer thermal dan tidak akan menyebabkan kerusakan.

Sedangkan untuk ukuran dan harga yang tersedia berada di kisaran Rp. 22.500 per 5 roll ukuran 57 x 48.

Greatshine

Greatshine

Sumber : https://www.greatshinepaper.com/

Terakhir ada paper thermal merk Greatshine. Menawarkan keunggulan di antaranya seperti bahan yang 100% terbuat dari virgin pulp, dan harga yang kompetitif serta terjangkau. Selain itu, kertas thermal Greatshine juga memberikan berbagai pilihan ukuran mulai 57 x 40 mm, 57 x 50 mm, dan masih banyak lagi.

Itulah 5 rekomendasi thermal paper terbaik yang bisa Anda gunakan. Tentunya setiap merk di atas memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Dapatkan kertas thermal untuk bisnis Anda di CV. Sentosa Indopaper Prima, kami adalah supplier kartas thermal dan produsen kertas thermal dengan bahan premium. Meski bahan premium, kertas thermal kami ramah lingkungan sehingga aman digunakan. Tersedia berbagai jenis dan ukuran kertas thermal. Yuk, pesan sekarang!