Kertas continuous atau continuous paper mudah sobek dan terpisah satu sama lain, karena jenis kertas ini didesain untuk dibagi menjadi halaman-halaman yang dapat dipisahkan dengan garis lipatan atau biasa disebut dengan perforasi agar mudah sobek dari bagian atas. Umumnya, dokumen seperti kuitansi, faktur, nota, formulir pendaftaran, kwitansi uang, pesanan pembelian barang, faktur penjualan, surat perjalanan, faktur pajak dan lain-lain dicetak di atas kertas continuous.

Definisi Continuous Paper

banner-product-multi

Continuous paper atau continuous form adalah jenis kertas ganda yang digunakan untuk pencetakan direct copy tanpa fotokopi. Kebanyakan jenis kertas continuous memiliki lubang-lubang kecil di sisi kiri dan kanannya. Fakta bahwa kertas-kertas ini terkait satu sama lain tentu bisa ditebak dari namanya. Jenis kertas continuous termasuk jenis kertas yang diumpankan ke printer dot matrix atau printer yang dirancang khusus untuk mencetak pada kertas continuous.

Fungsi dan Kegunaan Continuous Paper untuk Apa Saja?

Karena bentuknya yang kontinyu, ketas ini dianggap lebih mudah mencatat semua hal. Hal ini dikarenakan kertas ini dapat mencetak tiga invoice sekaligus. Efeknya anda bisa lebih hemat waktu, tinta dan juga listrik. Selain itu, karena bahannya tipis dan ada garis-garisnya, kertas ini lebih mudah sobek sehingga proses pendokumentasiannya lebih mudah dan cepat. Yang terpenting, jika Anda mencetak transaksi atau struk pembayaran di atas kertas ini, hasil cetakannya bisa dijadikan sebagai bukti yang sah. 

Seperti tagihan penjualan

Jika Anda memiliki bisnis pakaian, grosir, kosmetik, atau lainnya, ada baiknya menggunakan continuous paper. Jenis kertas ini memudahkan kasir untuk memberikan bukti penjualan yang sah dan bertanggung jawab karena baik penjual maupun pembeli memiliki bukti yang sama.

Kuitansi dan bukti pengeluaran

Dalam bisnis apapun, besar atau kecil, pergerakan keuangan terjadi setiap hari, baik uang masuk atau keluar. Kertas ini dapat digunakan sebagai bukti pengeluaran uang atau pemasukan dalam bisnis. Penggunaan continuous paper efektif, karena memuat beberapa kuitansi sekaligus. 

Dokumen perjalanan

Dokumen perjalanan adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi saat mengirim barang ke alamat tertentu. Kertas ini dapat digunakan sebagai dokumen perjalanan karena salinannya ada beberapa, satu untuk konsumen dan satu lagi untuk pengirim atau penjual.

Membuat faktur pajak

Faktur pajak berfungsi sebagai bukti pungutan pajak oleh PKP (Pengusaha Kena Pajak). PKP harus menerbitkan invoice ini sebagai bukti telah memungut pajak dengan membeli barang atau jasa. Juga dalam dokumen ini penggunaan formulir kontinu efektif dan efisien. 

Slip gaji

Slip gaji berisi informasi tentang upah yang diperoleh, upah lembur, pinjaman, atau pemotongan gaji. Itulah mengapa penting untuk mendapatkan salinan gaji setiap karyawan. Solusinya adalah dengan menggunakan continuous paper. Dalam satu masalah, perusahaan sudah memiliki beberapa bukti yang bisa diberikan kepada karyawan dan arsip.

Ukuran Kertas Continuous Form

Continuous form terbuat dari kertas HVS & NCR, yang dimaksud dengan kertas NCR adalah kertas yang tidak lagi membutuhan kertas karbon untuk membuat tulisan tembus ke lembar berikutnya. Ukuran standart Continuous form yaitu :

  1. Ukuran 9.5 x 11 : Ukuran ini biasanya dikenal dengan ukuran letter.
  2. Ukuran 9.5 x 12 : Ukuran ini biasanya dikenal dengan ukuran kertas A4. Penggunaan kertas continuous form dengan ukuran A4 ini cukup banyak.
  3. Ukuran 9.5 x 13 : Ukuran ini biasanya dapat disebut dengan Folio atau F4.
  4. Ukuran 14 7/8 x 11. Ukuran ini jika dikonversikan ke centimeter maka ukurannya 38cm x 28cm.

Ukuran Kertas Continuous Form Merek Officenine

Pada gambar di bawah ini, terdapat berbagai macam ukuran kertas continuous form merek Officenine lengkap dengan rincian harganya :

Price List Continuous Form Officenine

Ukuran Kertas Continuous Form Merek MultiOffice

Pada gambar di bawah ini, terdapat berbagai macam ukuran kertas continuous form merek MultiOffice lengkap dengan rincian harganya :

Price List Continuous Form MultiOffice

Ukuran Kertas Continuous Form Untuk Kwitansi

Ukuran A5 

  • Isi 50 lembar x 1/2/3/4ply
  • Ukuran A5 (148mm x 210mm)
  • Kertas NCR tanpa karbon berkualitas baik
  • Warna kertas (putih/merah/kuning/biru/hijau)
  • Print 1 warna dengan mesin offset Gestetner (hasil print terbaik)
  • Finishing dengan jilid lem

Ukuran A6 – 3 Ply

  • Isi 50 lembar x 1/2/3/4ply
  • Ukuran A6 (105mm x 148mm)
  • Kertas NCR tanpa karbon berkualitas baik
  • Warna kertas (putih/merah/kuning/biru/hijau)
  • Print 1 warna dengan mesin offset Gestetner (hasil print terbaik)
  • Finishing dengan jilid lem

Itulah definisi, fungsi dan kegunaan, serta ukuran dari kertas continuous form untuk kwitansi yang dapat kamu gunakan dalam berbagai hal yang memerlukan bukti pembayaran, pemasukan, maupun pengeluaran uang.

Dapatkan kertas continuous form untuk keperluan Anda di CV. Sentosa Indopaper Prima, kami adalah dan produsen kertas continuous dengan bahan premium. Meski bahan premium, kertas continuous kami ramah lingkungan sehingga aman digunakan. Tersedia berbagai jenis dan ukuran kertas continuous. Ayo, pesan sekarang!