Setiap kali hendak mencetak suatu dokumen, pasti membutuhkan yang namanya kertas. Jenisnya beragam loh, ada yang kualitas bawah hingga kualitas super alias tebal. Tekstur kertas dan ketebalan juga berbeda. Dari segi harga jual tentu jauh berbeda sesuai kualitasnya. Ada yang terbuat dari kayu berkualitas yang diolah menjadi kertas, ada juga kertas yang sudah didaur ulang dan dicetak kembali menjadi kertas. Nah, Jika anda bingung ingin membeli kertas yang berkualitas, terutama jenis kertas printer thermal, simak ulasan berikut ini.

1. Kertas HVS

kertas hvs

HVS adalah singkatan dari Houtvrij Schrijfpapier yang berasal dari Bahasa Belanda, berarti kertas tulis yang bebas dari serat kayu. Bahan dasarnya tentu saja dari bubur kertas namun bebas dari linen atau perekat antar serat. Tahukah Anda bahwa HVS memiliki jenis yang berbeda-beda? Di bawah ini beberapa jenis kertas HVS.

  • HVS B5

Berukuran 18,2 x 25,7 cm, HVS B5 banyak digunakan pada buku bacaan atau catatan. HVS B5 dapat anda gunakan sebagai catatan karena bentuknya tidak mengkilap. Pada umumnya tersedia dengan warna-warna cerah seperti pink, kuning, biru, hijau dan sebagainya. Tujuannya agar tulisan terlihat lebih jelas.

  • HVS Kuarto

Kertas kuarto lebih familiar dikenal dengan ukuran letter, ukurannya lebih panjang dari kertas A4. Pencetakan dokumen menggunakan kuarto akan menampilkan hasil yang jauh lebih rapi sebab ukuran kertasnya besar. Biasanya dokumen ini digunakan untuk mencetak laporan, skripsi, karya ilmiah atau dokumen kantor. Namun, sesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

  • Kertas A4

Kertas yang paling sering digunakan untuk mencetak berbagai dokumen ini berukuran 21,6 x 33cm. Hampir semua bidang memanfaatkan kertas A4. Tersedia A4 berwarna maupun polos. Dapat digunakan untuk mencetak surat undangan, tugas sekolah, laporan atau mencetak skripsi.

  • HVS Plano

HVS Plano berukuran 29,7 x 42 cm. Jenis kertas ini mudah anda jumpai saat melakukan fotocopy di suatu tempat tertentu. Namun ukurannya jauh lebih besar dibandingkan kertas HVS A4.

  • HVS F4

Apa perbedaan antara HVS F4 dengan A4? Tentu saja berbeda dari segi ukurannya. HVS F4 berukuran 8,5 x 13 inch. Lebih familiar di kalangan masyarakat dengan sebutan kertas folio. Kertas ini mudah ditemukan di Indonesia.

2. Kertas NCR

Kertas Non Carbon Required adalah kertas yang digunakan pada nota pemilik bisnis tertentu. Kertas ini dirancang khusus untuk dapat tembus warna tanpa harus menggunakan karbon. Anda juga dapat menggunakannya sebagai kwitansi atau formulir. Kelebihan dari kertas NCR diantaranya tidak meninggalkan noda hitam pada tangan ketika digunakan, tidak mudah hilang atau tercecer sebab didesain dengan jilid yang kokoh dan tidak mudah sobek. Hasil tulisan menggunakan kertas NCR jauh lebih rapi dan detail. Berikan sedikit penekanan agar tulisan tampak jelas. Anda juga tidak perlu repot-repot menyesuaikan kertas dengan posisi pada setiap sisi, sebab sudah tinggal tulis saja dan berganti pada lembaran berikutnya.

3. Kertas Thermal

kertas thermal 80 mm x 80 mm

Apakah Anda sering berbelanja di pusat perbelanjaan tertentu? Jika iya, berarti sudah sering melihat kertas thermal. Tekstur kertasnya licin, biasa disebut juga dengan kertas gulung audit karena bentuknya yang mirip gulungan.

Ukurannya kecil sehingga tidak memenuhi tempat. Kertas jenis ini telah dilapisi senyawa kimia dan dimodifikasi menggunakan tenaga modern dalam mengaktifkan tinta printer. Cara pemasangannya cukup mudah, yaitu :

  • Buka kap bagian atas printer.
  • Tekan tuas yang membuka dan menutup printer.
  • Setelah itu, masukkan rol atau gulungan rol
  • Tarik keluar bagian ujung kertas, lakukan dengan hati-hati agar terpasang secara tepat dan benar
  • Tutup kap printer, dan siap digunakan.

Itulah tadi 3 jenis kertas termal yang harus anda ketahui. Ketiganya memiliki bentuk, ukuran serta fungsi yang berbeda. Namun memiliki manfaat yang luar biasa dalam mencetak dokumen.

SIP-paper.com adalah produsen dan distributor kertas printer premium dan kertas eco-friendly. Tersedia kertas thermal, register roll dan continuous form dengan bahan premium 100% virgin pulp. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.