Printer thermal saat ini banyak digunakan oleh para pelaku usaha untuk mencetak struk, stiker, dan kertas lainnya yang berukuran kecil. Alasan mengapa printer thermal banyak digunakan adalah bentuknya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, hasil print menggunakan printer jenis thermal jauh lebih cepat. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang menggunakannya. Masih banyak lagi keunggulan printer thermal lainnya yang bisa diketahui. Simak informasi berikut untuk penjelasan lebih lanjut!

Apa Itu Printer Thermal?

Seperti namanya, berbeda dengan printer jenis lainnya, printer thermal merupakan salah satu jenis printer yang memanfaatkan panas untuk menghasilkan tulisan atau gambar. Sehingga printer jenis ini tidak membutuhkan tinta untuk dapat menghasilkan cetakan tulisan.

Meskipun terdengar sederhana, tidak sembarang kertas dapat digunakan untuk printer thermal. Kertas yang harus digunakan pun tentu saja harus kertas thermal yang memang mudah menghasilkan warna hitam saat terkena suhu panas.

Printer Thermal

Fungsi Printer Thermal

Printer thermal memiliki fungsi utama untuk mencetak dengan cepat dan efisien, menggunakan kertas termal yang bereaksi terhadap panas. Fungsi ini menjadikannya pilihan populer untuk mencetak struk kasir, tiket, label pengiriman, dan label barang. Kecepatannya yang tinggi dan perawatan yang minimal membuat printer thermal ideal untuk lingkungan ritel, perhotelan, dan industri yang memerlukan pencetakan terus menerus dengan volume tinggi.

Cara Kerja Printer Thermal

Printer thermal bekerja dengan menggunakan kepala cetak yang memanaskan kertas khusus, dikenal sebagai kertas termal. Saat kertas ini melewati kepala cetak yang dipanaskan, titik-titik panas pada kepala cetak mengaktifkan lapisan kimia pada kertas yang mengubah warna untuk membentuk gambar atau teks. Proses ini tidak menggunakan tinta atau toner, sehingga lebih efisien dan kurang berantakan dibandingkan dengan metode pencetakan tradisional. Printer thermal umumnya digunakan untuk mencetak struk, label, dan tiket karena kecepatan dan keefisiensian yang ditawarkan.

Beberapa Keunggulan Printer Thermal

Sedikit telah disebutkan apa saja keunggulan menggunakan printer thermal. Tetapi di samping hal yang telah disebutkan, masih banyak keuntungan menggunakan printer thermal dibandingkan dengan printer jenis lainnya.

1. Sederhana dan Mudah Digunakan

Salah satu alasan mengapa printer thermal lebih unggul adalah penggunaannya yang sederhana. Hal ini terjadi karena printer thermal memiliki tombol yang lebih sedikit dibandingkan dengan printer biasanya.

2. Harga dan Model yang Bervariasi

Sehingga printer ini lebih mudah dalam hal pengoperasiannya. Selain itu, karena tidak menggunakan tinta, printer thermal tidak membutuhkan penggantian tinta atau toner. Pengguna hanya perlu mengganti kertas sehingga proses operasional menjadi lebih mudah.

3. Minim Menghasilkan Suara

Printer jenis lain cenderung menghasilkan suara yang terkadang bisa terasa mengganggu. Hal ini terjadi karena printer biasanya membutuhkan penembakan tinta ke dalam kertas sehingga terdengar berisik. Berbeda dengan printer thermal yang hampir tidak menghasilkan suara sehingga tidak mengganggu.

Model printer thermal sangat bervariasi sehingga harganya juga jauh lebih beragam. Pemilihan printer ini bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan sehingga tidak memaksa orang untuk mengeluarkan budget yang sangat banyak.

4. Efisien dan Awet!

Karena cara kerja printer thermal yang cenderung sederhana dan hanya memanfaatkan panas, maka dari segi keawetan tentu saja printer thermal lebih awet. Hal ini diakibatkan printer thermal yang tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Penggunaan kertas thermal

Kelebihan Menggunakan Printer Thermal Bluetooth

Beberapa printer telah menggunakan konektivitas dengan bluetooth. Tentu saja terdapat kelebihan sendiri mengapa teknologi ini banyak digunakan pada printer. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya:

  • Biaya perawatan lebih murah karena minim kerusakan akibat penggunaan kertas
  • Kecepatan yang lebih baik dan dapat mencetak hingga tiga baris untuk tiap detiknya
  • Minim suara bising akibat mencetak
  • Praktis dengan tidak membutuhkannya kabel untuk koneksi

Demikian informasi mengenai printer thermal dan rekomendasinya. Semoga artikel ini membantu memperluas pengetahuan terkait alat percetakan beserta dengan peruntukannya! Selalu pastikan untuk memilih printer sesuai dengan kebutuhan agar lebih efisien!

Cara Memilih Printer Thermal yang Benar

Dalam memilih printer thermal yang tepat, pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan cetak spesifik Anda seperti kwitansi, label, atau tiket untuk menentukan jenis dan ukuran printer. Pastikan printer memiliki resolusi yang cukup untuk menghasilkan cetakan berkualitas tinggi yang tidak mudah luntur. Kecepatan cetak juga penting, terutama dalam lingkungan yang sibuk. Selanjutnya, pertimbangkan kemudahan penggunaan dan kompatibilitas dengan sistem yang sudah ada, serta pilihlah printer dengan konektivitas yang memadai, seperti USB, Wi-Fi, atau Ethernet. Akhirnya, evaluasi daya tahan printer dan biaya operasional, termasuk penggantian kertas dan efisiensi energi, serta periksa dukungan purnajual untuk memastikan dukungan teknis yang memadai.

Baca Juga: Pilih Printer Thermal Terbaik Berkualitas, Tidak Cepat Rusak

3 Thermal Printer

Rekomendasi Printer Thermal Terbaik

Setelah mengetahui cara memilih printer yang baik, berikut merupakan beberapa rekomendasi printer thermal yang bisa dijadikan referensi.

1. Epson TM-P80 Series

Printer thermal satu ini menggunakan ukuran kertas 80mm, kecepatan print 100 mm/detik. Kelebihan lainya, printer ini dapat terkoneksi dengan bluetooth dan WiFi serta sistem operasi Windows, Android, dan iOS. Alat ini mampu bertahan selama lebih dari 33 jam.

2. Epson P80

Epson P80 memiliki kecepatan cetak 100 mm per detik dan menggunakan kertas dengan lebar 80mm. Kelebihan dari printer ini adalah tidak membutuhkan driver untuk install.

3. Kassen BTP 3200 POS Receipt 80 MM RJ-11

Memiliki kecepatan cetak 200mm/detik dengan fitur cetak direct thermal, lebar kertas maksimum bervariasi dari 48mm-80mm. Koneksi printer dapat dihubungkan dengan bluetooth atau USB.

4. KASSEN BTP 3100 PRINTER KASIR THERMAL 80 MM

Kecepatan cetak 200mm/detik, dengan metode direct thermal, lebar kertas maksimum 80 mm dan memiliki fitur auto cutter.

Baca Juga: Jenis Printer Thermal untuk Cetak Struk Kasir Terbaik

Rekomendasi Supplier Kertas Thermal Terpercaya

Setelah memahami sepenuhnya tentang printer thermal, inilah saat yang tepat untuk Anda memilih SIP Paper sebagai supplier kertas thermal Anda. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan produk berkualitas yang akan meningkatkan efisiensi operasional Anda. Hubungi SIP Paper hari ini dan temukan solusi terbaik untuk semua kebutuhan pencetakan thermal Anda!

Pabrik & Gudang
Jl. Raya Mastrip Bogangin No. 23 Surabaya – 60223 Jawa Timur – Indonesia

Jam Kantor
Senin – Jumat 08.00 – 16.00
Sabtu 08.00 – 13.00
Minggu / Hari besar libur

Telepon: 031 767 2777
Whatsapp: 087 7555 99777
Email: [email protected]